Melilea Bisnis Organik Jakarta Indonesia Melilea Organik Cara Sehat Dan Kaya Di Waktu Muda Dengan Greenfield Organic
Anda berada di: Home :: >> >> >> >> >> | Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Cara Menjaga Berat Badan Ideal


Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Cara diet sehat

Ingin menjaga berat badan ideal setiap saat? Percayalah, banyak metode dan cara menurunkan badan yang ditawarkan oleh para ahli maupun mitos dan asumsi yang berkembang di masyarakat. Namun, seberapa efektif cara yang ditawarkan itu sesuai dengan tubuh kita?

Nah, jika bingungkan dengan beragam pilihan tersebut, terdapat beberapa cara menjaga berat badan ideal yang harus diperhatikan. Dengan memperhatikan beberapa tips berikut, kita bisa lebih percaya diri untuk menjalankan sebuah metode atau cara menjaga berat badan agar tetap ideal. Berikut cara menjaga berat badan ideal tersebut.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #1. Tak ada yang tak mungkin
Tak ada yang tak mungkin. Itulah yang harus selalu tertanam dalam benak kita saat memutuskan untuk memulai program diet. Barangkali saat ini badan kita sudah terlalu “lebar” dan susah sekali mengurangi kebiasaan ngemil. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk merubah kondisi tersebut. Tuliskan keburukan apa saja yang bakal kita peroleh jika kebiasaan ini terus berjalan. Anda bisa saja menuliskan kegemukan (obesitas) dan diabetes sebagai ancaman. Jika terserang kedua penyakit tersebut, Anda bisa mengalami impotensi. Jika impotensi menyerang Anda, rumah tangga akan berantakan. Tanamkan kuat-kuat bahwa jika gagal maka penderitaan akan muncul menyambangi Anda.

cara diet sehat cepat

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #2. Hanya makan saat lapar
Makanlah saat kamu merasa lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Benar, itulah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. Lapar menandakan bahwa tubuh meminta asupan makanan. Ketika itu tubuh benar-benar membutuhkan asupan kalori dan nutrisi. Sementara terlalu banyak makan atau kekenyangan bisa membebani dan menurunkan kinerja lambung.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #3. Belajar Memaafkan diri sendiri
Dalam menjalankan program diet, sesekali kita mungkin pernah melanggar pantangan. Hal ini sangat wajar terjadi, terlebih diet yang dijalankan cukup ketat. Ditambah lagi dengan lingkungan sekitar kita yang secara tidak sadar membuat kita melanggar pantangan diet. Misalnya, diajak teman jauh untuk makan bersama dan tidak enak jika menolaknya. Sekali-kali tentu tidak apa-apa, tetapi tetap menjaga porsinya.
cara diet alami

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #4. Jadilah diri sendiri
Di awal menentukan program diet barangkali kita bingung memilih diet yang harus dijalankan. Terlebih, begitu banyak informasi jenis diet yang dijalankan oleh orang lain. Ada diet ala artis Korea, diet ala artis Jepang, diet ala binarawan, dan sebagainya. Menjadi diri sendiri tentu lebih nyaman sebab badan yang ingin kita “permak” adalah badan milik sendiri, yang kondisinya bisa jadi sangat berbeda dengan artis Korea, artis Jepang, atau pun binaragawan. Tentukan pilihan jenis diet sesuai dengan kemampuan tubuh. Namun yang pasti, terus konsisten dan berkomitmen sampai berat badan ideal didapatkan.  

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #5. Jangan takut sarapan
Jangan takut sarapan karena sarapan justru penting untuk menunjang tenaga dan menjaga rasa kenyang saat beraktivitas. Sarapan tidak harus berupa makanan berat. Namun, bisa berupa sepotong roti, segelas jus buah, yoghurt, atau pun sereal.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #6. Jangan shock saat berat badan naik
Pada era 70-80 an, bertambahnya berat badan bisa menjadi masalah hidup-mati seseorang. Kabarnya, seorang penyanyi luar negeri yang bersuara merdu mengakhiri hidupnya hanya gara-gara berat badannya naik. Barangkali ini juga yang pada akhirnya memunculkan kampanye The Big is Beautiful, untuk memerangi gangguan psikologis akibat turunnya tingkat kepercayaan diri yang parah karena masalah berat badan. Padahal, naik-turunnya berat badan adalah hal wajar. Bukan saja masalah makanan dan pola makan saja, tetapi juga masalah pola aktivitas dan psikologis. Jadi, sikapi saja dengan tenang. Jika bobot badan bertambah, kurangi porsi makan dan tambah aktivitas fisik.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #7. Katakan tidak saat godaan datang
Di balik setiap keinginan tentu ada hambatan. Dalam diet, salah satu hambatan tersebut adalah godaan makan enak, baik dari tukang bakso yang lewat di depan rumah atau pun ajakan kawan-kawan untuk makan bersama. Jika sekali-kali tentu tidak menjadi masalah, tetapi jika berulang kali? Jangan malu atau sungkan untuk menolaknya. Katakan saja kalau saat ini kita sedang berdiet. Mereka tentu mau mengerti.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #8. Buang mitos “Berat badan turun, Kebahagiaan datang”
Kebahagiaan muncul dari dalam diri kita sendiri. Jika pandai bersyukur, kita akan dicukupkan bahkan mendapat kemajuan yang lebih progresif. Jangan sampai bandelnya berat badan yang tidak mau turun justru membuat stres dan menimbulkan penyakit. Jadi, jalani saja prosesnya dengan bahagia.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #9. Pilih makanan yang sehat
Tak jarang keinginan tidak seiring dengan usaha yang dilakukan. Ingin lansing, tetapi banyak makan. Makannya pun tidak diatur sepbagaimana seharusnya orang yang sedang berdiet. Jadi, pilih makanan yang sesuai untuk program diet yang kita jalankan. Pastikan makanan tersebut berasal dari makanan sehat dan makanan organik tentu lebih baik. Hindari junk food dan makanan yang berisiko mengakibatkan penyakit bagi tubuh.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal #10. Hindari makan 4 jam sebelum tidur
Saat tidur, sistem pencernaan juga seharusnya ikut diistirahatkan. Jika di pagi hingga siang hari sistem pencernaan disibukkan menggiling, memilah, dan menyerap nutrisi maka pada malam hari seharusnya untuk istirahat. Makan malam tetap penting, tetapi pilih makanan yang sifatnya ringan dan makan empat jam sebelum tidur.

Itulah Cara Menjaga Berat Badan Ideal. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, diet yang kita lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal akan terasa ringan dan tidak terasa menyiksa. Ingin memiliki berat badan ideal? Ikuti cara menjaga berat badan ideal di atas. Selamat berdiet ria! (RA)



1 comment:

pirostore said...

Artikel bagus, terimakasih sudah berbagi

Post a Comment

Melilea Pelopor Gaya Hidup Organik Dunia Dengan Produk-Produk Inner dan Outer Beauty Series. Mari Hidup Sehat, Cantik dan Langsing

Berita Terbaru

Artikel Paling Banyak Dibaca