Melilea Bisnis Organik Jakarta Indonesia Melilea Organik Cara Sehat Dan Kaya Di Waktu Muda Dengan Greenfield Organic
Anda berada di: Home :: >> >> | Menu Sehat Bugar dan Cantik Selama Bulan Puasa Ramadhan

Menu Sehat Bugar dan Cantik Selama Bulan Puasa Ramadhan

Puasa sebentar lagi, mari kita sambut dengan suka cita, bukan berarti saat puasa kita mengalami kelesuan dan sedikit aktifitas, bila dilakukan dengan benar dengan berpuasa kita bisa jauh lebih sehat, bugar dan cantik loh,

simaklah artikel berikut :


Puasa dari Sudut Pandang Kesehatan

Dalam satu periode tertentu, tubuh kita membutuhkan masa untuk melakukan proses pembersihan agar seluruh organ‐organ tubuh dapat bekerja dengan lebih maksimal dan menyingkirkan bahan‐bahan berbahaya yang tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh baik melalui udara, makanan maupun minuman.
Proses pembersihan ini disebut dengan detoksifikasi. Puasa merupakan satu proses detoksifikasi alami.Dengan melakukan puasa, tubuh akan mampu bekerja dengan maksimal.
Setiap agama mengamalkan Puasa dengan cara dan filosofi masing‐masing. Umat Muslim khususnya mewajibkan umatnya untuk melakukan puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan dalam setiap tahunnya.

Puasa di Bulan Ramadhan

Agar dapat menunaikan ibadah Puasa di bulan Ramadhan dengan sempurna, tentu saja dibutuhkan tubuh yang fit dan sehat. Sahur dan Berbuka Puasa memiliki peranan penting agar tubuh kita tidak lesu, lemah dan kurang energi. Jenis makanan yang tepat semasa Sahur dan berbuka puasa sangat membantu kelancaran dalam menunaikan Ibadah Puasa. Menurut hasi penelitian, selama berpuasa, kadar glukosa di dalam darah akan menurun, demikian juga dengan tekanan darah, kandungan lemak dan berat badan.
Untuk itulah, dibutuhkan puasa dengan benar agar jangan sampai mengganggu kesehatan tubuh kita.


Puasa dengan MELILEA Greenfield Organic

Beberapa hal yang perlu di perhatikan selama Berpuasa :

1. Melakukan Sahur

Terkadang dikarenakan berbagai alasan, orang lebih mengutamakan Tidur dibandingkan Sahur. Hal ini tentulah sangat tidak tepat, karena Sahur adalah kesempatan pertama kita mengkonsumsi makanan sebelum memasuki waktu puasa. Hasil penelitian memaparkan, dengan melakukan sahur, tubuh akan mendapat asupan tenaga dan nutrisi yang sangat dibutuhkan agar terhindar dari sakit yang diakibatkan oleh kelelahan dan kelaparan. Dengan sahur, kita dapat menjaga kestabilan metabolisme tubuh.

2. Makanan Pengganti

Setiap harinya tubuh membutuhkan paling tidak 40 jenis nutrisi yang berbeda untuk menjaga vitalitas.Selama menjalankan puasa, rata‐rata orang makan 2 kali sehari yaitu pada waktu sahur dan buka puasa.Sehingga jika menu makanan yang tidak lengkap dapat mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi. Untuk itu, mengkonsumsi makanan pengganti yang kaya nutrisi sangat membantu mencukupi kebutuhan akan nutrisi.

3. Cara memasak dan penggunaan lemak terutamanya lemak jenuh

Mengkonsumsi makanan jenis gorengan atau bersantan tidaklah sehat, terutama pada saat berpuasa. Karena jenis makanan gorengan maupun santan akan sangat memberatkan system pencernaan, menyebabkan rasa tidak nyaman dan kembung disertai nyeri di bagian perut (heath burn), belum lagi peningkatan berat badan. Selain itu, sangat di anjurkan untuk menghindari konsumsi lemak hewani secara berlebihan seperti mentega dan keju.

4. Banyak mengkomsumsi buah‐buahan dan sayuran segar

Buah‐buahan dan sayuran segar sangat membantu daya tahan tubuh terhadap penyakit. Hal ini disebabkan, buah‐buahan dan Sayuran memiliki sumber berbagai macam vitamin, mineral,phytonutrient dan juga rendah kalori.

5. Banyak mengkomsumsi makanan yang mengandung serat (fiber)

Disebabkan oleh puasa dalam jangka waktu yang panjang, sangat direkomendasikan untuk mengkomsumsi makanan yang lambat dicerna seperti makanan yang kaya akan serat. Makanan yang dicerna secara perlahan dapat bertahan selama 8 jam, sedangkan jenis makanan yang mudah dicerna hanya dapat bertahan selama 3-4 jam saja.

Jenis makanan yang cepat dicerna adalah makanan yang mengandung gula atau jenis simple carbohydrate seperti nasi (mempunyai indeks glikemik >100% cepat diubah menjadi gula/pemicu cepat insulin). Jenis makanan ini sangat cepat di cerna di dalam system pencernaan , sehingga sehabis makan, rasa lapar akan dengan mudah menyerang kembali. Tidak heran jika banyak orang puasa sebulan penuh tapi berat badan naik.

6. Minum air yang cukup

Manusia dapat bertahan hidup berhari‐hari tanpa makanan, namun, sistem tubuh manusia akan melemah jika tidak mendapatkan asupan air yang cukup. Oleh karena itu, mengkonsumsi air yang cukup sebelum memasuki masa puasa dan setelah puasa sangat membantu untuk menstabilkan energi tubuh. Hindari minuman manis seperti kordial juga semua jenis minuman berkafein. Kafein akan memberikan rangsangan kebagian perut sehingga dapat meningkatkan asam hidrolik dan menyebabkan serangan maag.

7. Kurangi konsumsi makanan asin

Jumlah garam yang berlebihan di dalam makanan akan menyebabkan kita mudah haus disaat berpuasa. Rasa haus ini juga akan membuat tubuh melemah dan tidak bertenaga.

8. Berbuka puasa dengan benar

Setelah menjalankan puasa seharian penuh, tubuh akan terasa letih dan tidak bertenaga. Hal ini menyebabkan sebagian orang akan langsung mengkomsumsi makanan lengkap, tepat pada saat berbuka puasa. Makanan yang dikonsumsi secara berlebihan dari yang dibutuhkan akan berakibat pada penumpukan lemak. Untuk menghindarinya, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh usus (tapi tidak cepat diubah jadi gula), mengandung serat dan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Selepas seharian berpuasa, badan akan merasa keletihan dan tidak bertenaga. Kebanyakan orang akan berbuka dengan berbagai jajajan yang beraneka jenis dan rasa. Makanan yang dimakan dengan kadar (gula) berlebihan daripada yang diperlukan akan menyebabkan kelebihan bahan yang disimpan sebagai lemak. Ketika berbuka, sebaiknya makan makanan yang mudah dicerna oleh usus (tapi tidak cepat diubah jadi gula), mengandung serat dan dalam kadar yang sedikit. Makanan ini bertujuan untuk membantu kerja usus dan mempermudah sistem pembuangan.


MELILEA Greenfield Organik

Kaya akan kandungan serat seperti biji‐bijian, buah‐buahan dan sayur-sayuran. Greenfield Organic sangat kaya akan vitamin, mineral dan phytonutrient, sehingga Greenfield Organic akan menjadi makanan yang sangat tepat pada saat melakukan ibadah puasa.

Dengan mengkonsumsi Greenfield Organic di saat buka puasa, akan menghindari orang untuk mengkonsumsi makanan yang terlalu berlebih pada saat makan malam. Dengan memadukan Greenfield Organic bersama MELILEA Organic Soya Drink dan MELILEA Organic Henry Instant Drink Mix, maka segala kebutuhan akan vitamin, mineral dan nutrisi-nutrisi lainnya akan terpenuhi secara lengkap.

Tips Puasa dengan MELILEA Greenfield Organic

HARI KE-1

1 jam sebelum Sahur


  • MELILEA Greenfield Organic (1‐2 scoop)
  • Konsumsi Air Putih minimal 2 gelas sebelum memasuki waktu makan sahur (@200 ml).


Sahur :


  • 1 mangkok sereal gandum
  • 1 Gelas MELILEA Soya Bean Powder
  • 2 Potong Roti (terbaik jika roti gandum)
  • 1 buah apel hijau


Buka Puasa :



  • 3 – 4 buah kurma
  • 1 gelas Henry Organic Apple Orchard (2–3 scoop, sesuai selera) dicampur dengan MELILEA Greenfield Organic (1‐2 scoop), dikocok/shake 5x saja dengan kuat, langsung diminum.


Makan Malam :


  • Steam Ikan dengan sayuran
  • Sup macaroni
  • Nasi putih (sedikit saja, perbanyak buah/sayur)
  • 1 buah pisang


HARI KE-2


1 jam sebelum Sahur


  • 1 gelas Henry Organic Apple Orchard (2–3 scoop, sesuai selera) dicampur dengan MELILEA Greenfield Organic (1‐2 scoop), dikocok/shake 5x saja dengan kuat, langsung diminum.
  • Konsumsi Air Putih minimal 2 gelas sebelum memasuki waktu makan sahur (@200 ml).


Sahur:



  • 1 mangkok bubur kacang hijau
  • 1 Gelas MELILEA Soya Bean Powder
  • 1 buah Pir


Buka Puasa :



  • 2 potong kue manis
  • 1 gelas Henry Organic Apple Orchard (2–3 scoop, sesuai selera) dicampur dengan MELILEA Greenfield Organic (1‐2 scoop) dikocok/shake 5x saja dengan kuat, langsung diminum.



Makan Malam :



  • Sepotong Daging Sapi Panggang
  • Sup Kentang
  • Nasi putih (sedikit saja, perbanyak buah/sayur)
  • Sepotong Melon


Catatan :
Menu di atas adalah SARAN. Harap sesuaikan dengan kondisi fisik (misalnya untuk penderita gagal ginjal yang dilarang untuk mengkonsumsi air putih banyak-banyak)
Menu di atas dapat diganti sesuai selera.


Jadi mari jadikan ramadhan momentum untuk hidup lebih sehat, bugar dan cantik dengan organik melilea

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Farida Ningsing

021-70692409

Bisnis Organik dan Konsultasi Kesehatan dan Kecantikan
Tips Hidup Sehat sehat langsing
021-73888872

1 comment:

Cheriatna said...

Yuk Sehat, Bugar dan Cantik Dalam Puasa Ramadhan bersama Melilea Organik

Post a Comment

Melilea Pelopor Gaya Hidup Organik Dunia Dengan Produk-Produk Inner dan Outer Beauty Series. Mari Hidup Sehat, Cantik dan Langsing

Berita Terbaru

Artikel Paling Banyak Dibaca